Peserta Didik Baru Mengikuti MPLS dan Pintu Gerbang Memasuki Proses Pembelajaran

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama para siswa siswi di sebuah sekolah SMP Negeri

TrendPurwakarta.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Seluruh peserta didik yang telah dinyatakan diterima pada proses PPDB wajib mengikuti MPLS sebagi pintu gerbang awal memasuki proses pembelajaran.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada pembukaan MPLS serentak tahun ajaran 2022/2023 di SMPN 3 Purwakarta di Jalan Jenderal Sudirman, Senin 18 Juli 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd

“Berdasarkan laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, hari ini, sebanyak 10.487 peserta didik baru tingkat SMP dan 14.713 peserta didik tingkat SD hasil dari PPDB tahun ajaran 2022/2023 yang  mengikuti kegiatan MPLS di sekolah-sekolah negeri di wilayah Kabupaten Purwakarta dan sisanya menyebar di sekolah swasta dan pondok pesantren,” kata Ambu Anne.

Ia juga berharap bahwa 100 persen lulusan SD tahun ini dapat melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, begitupun dengan lulusan SMP. “Kami meyakini bahwa lulusan SD tahun ini, 100 persen melanjutkan ke tingkat SMP atau sederajat. Nanti kita lihat datanya,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, peserta didik yang lulus tahun ini bisa dibilang istimewa. Mereka adalah angkatan masa transisi yang selama dua tahun kemarin mengikuti pembelajaran dengan sistem online atau jarak jauh. Kini, seluruh sekolah di Kabupaten Purwakarta sudah 100 persen melakukan pembelajaran tatap muka atau offline.

“Dan MPLS ini menjadi pintu gerbang awal proses pembelajaran tersebut. Tadi saya titip, bahwa sekolah harus merancang dan membuat peserta didik bangga dan bahagia sehingga nanti akan membuat mereka senang untuk belajar di sekolah,” kata Ambu Anne.