Kepala Bapenda Purwakarta Optimistis Target PAD Bisa Tercapai Hingga Akhir Tahun 2022

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

TrendPurwakarta.com –¬†Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, tahun ini terdapat kenaikan target penerimaan pajak di Kabupaten Purwakarta. Hal itu disampaikan Bupati Anne pada Rapat Koordinasi Realisasi Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Purwakarta Triwulan II Tahun 2022 di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta di Jalan Surawinata, Senin, 04 Juli 2022.

“Seiring bergeliatnya sektor pariwisata dan kuliner di wilayah Kabupaten Purwakarta, setiap Perangkat Daerah harus mengecek sumber-sumber pendapatan di wilayah kerjanya masing-masing dan hal ini juga, hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan pendapatan dari sektor retribusi daerah,” kata Ambu Anne.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), H. Asep Supriatna (pakai jam, tangan kanan)

 

Lanjut Ambu, hal ini juga menjadi PR jajarannya untuk bagaimana mengedukasi masyarkat soal pentingnya membayar pajak. Menurutnya, membayar pajak harus menjadi budaya. Karena, hasil dari pajak itu diperuntukan untuk keberlangsungan pembangunan daerah. Soal pendapatan daerah, harus menjadi kesadaran bersama.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Masih Optimalkan Anggaran untuk Pembangunan Infrastruktur Meskipun Kecil

“Untuk Purwakarta, terdapat peningkatan kemandirian fiskal yang cukup signifikan. Kemandirian fiskal sendiri merupakan indikator utama dalam mengukur kemampuan Pemda untuk membiayai sendiri kegiatan pemerintahan tanpa tergantung bantuan dari luar, termasuk dari pemerintah pusat,” kata Ambu Anne.

Dan untuk mencapai target PAD Kabupaten Purwakarta, para pimpinan Perangkat Daerah di wilayah tersebut diminta fokus pada target pancapaian pendapatan. “Semangat mencari pendapatan harus menular kepada seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Purwakarta, Bapenda Purwakarta telah melakukan upaya jemput bola ke obyek pajak dan langsung di setorkan oleh Bapenda ke Bank BJB Cabang Purwakarta,” kata Ambu Anne.