Peran Para Kader Program Keluarga Berencana di Lini Lapangan Harus Mampu Konsolidasi Kesemua Pihak

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Kepala DPPKB, H. Yayat Hidayat saat memberika piagam penghargaan kepada petugas KB

TrendPurwakarta.com – Untuk menyusun rencana pelaksanaan kegiatan program Keluarga Berencana (KB) Nasional, para kader di lini lapangan diharapkan terus melakukan konsolidasi dengan semua pihak terkait.

Konsolidasi tersebut meliputi pengumpulan dan pengolahan data di tingkat desa, melakukan kunjungan atau pendekataan kepada tokoh formal atau informal dalam rangka pendekatan untuk memperoleh  kesepakatan operasional dalam program KB Nasional.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta pada pembukaan acara Pembinaan Lini Lapangan Keluarga Berencana Kabupaten Purwakarta Tahun 2022 di Kawasan Taman Wisata Cikao Park, Jatiluhur Purwakarta, Kamis 19 Mei 2022.

Bupati Purwakarta juga mengapresiasi Kepala Dinas DPPKBB karena telah melaksanakan kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader KB. Kader harus dibekali dengan materi yang cukup karena program KB ini tidak biasa.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Dorong Digitalisasi UMKM

“Para kader akan menghadapi kelompok masyarakat yang terikat dengan budaya dan sosial. Budaya masyarakat ini salah satunya adalah kelompok keagamaan yang selama ini ada di beberapa titik. Untuk menembus hal tersebut, diperlukan adanya pelayanan-pelayanan di bidang KB misalnya seperti pemasangan alat kontrasepsi,” kata Ambu Anne.