Pemkab Purwakarta Percepat Pembangunan Infrastruktur

Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE didampingi Pj. Sekda H. Norman Nugraha

TrendPurwakarta.com – Pandemi yang terjadi dua tahun belakangan ini berdampak pada kebijakan refocusing yang mengakibatkan pergeseran dari pembangunan infrastruktur ke penanganan pandemi Covid-19. Dampak ini, bukan hanya terjadi di Kabupaten Purwakarta tetapi terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah pandemi dianggap mereda pada tahun 2022 ini, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten yang dipimpin, Bupati Anne Ratna Mustika kembali mempercepat proses pembangunan daerah sesuai dengan visi dan misi dan RPJMD Kabupaten Purwakarta.

Dalam visi misi mewujudkan Purwakarta Istimewa itu, terdapat misi mewujudkan pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata yang berwawasan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan prioritas pembangunan daerah dan peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah.

Demikian terungkap dalam Rapat Koordinasi Penanganan Infrastruktur bersama para Camat yang digelar secara virtual, di Aula Janaka, Selasa 17 Mei 2022. Nampak hadir, dalam agenda tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Norman Nugraha, Asda, Staf Ahli dan para Kepala Perangkat Daerah.

Menurutnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, percepatan peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah tersebut diantaranya adalah pembangunan dan pemerataan akses infrastruktur dalam rangka konektivitas wilayah yang saling terintegrasi.

Adapun rencana pembangunan tersebut diantaranya untuk jalan akses kawasan peruntukan Industri Cilangkap ke Simpang Susun Sadang, jalan akses kawasan peruntukan Industri Kembang Kuning Kecamatan Jatiluhur ke Simpang Susun Ciganea dan jalur Lingkar Barat menghubungkan Babakancikao, Cikaobandung, Kutamanah, Kertamanah, Ciririp, Sukasari, Parungbanteng, Gunungkarung, Sukamukti, Cidahu hingga Cijati.

“Sementara untuk jalur Lingkar Timur menghubungkan Cikopo, Cilandak, Cibukamamah, Mekarjaya, Ciseureuh, Kiarapedes, Pareang, Garokgek hingga Ciracas,” kata Ambu Anne.

Sementara, untuk gambaran umum jaringan jalan di wilayah Kabupaten Purwakarta berdasarkan fungsi diantaranya adalah; fungsi Arteri Primer atau Ruas Jalan Nasional, Kolektor Primer atau Ruas Jalan Provinsi dan Kabupaten, Lokal Primer atau Ruas Jalan Kabupaten dan fungsi Lingkungan Primer atua Ruas Jalan Kabupaten dan Desa.