Bupati Purwakarta Anner Ratna Mustika; Pendidikan Sebagai Sektor Pelayanan Dasar

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan Kadisdik Dr. H. Purwanto, M.Pd dan para siswa/siswi pada acara Hardiknas 2022

“Program-program tersebut dapat diinsersikan kedalam implementasi merdeka belajar dan kurikulum merdeka, sehingga terjadi sinergi antara kebijakan Pemerintah Pusat dengan karakteristik, potensi dan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta,” ujarnya.

Menurutnya, RPJMD tahap ke-4 ditujukan untuk mencapai keunggulan masyarakat Purwakarta dalam segala bidang dengan konteks pembangunan regional dan nasional. Pencapaian keunggulan tersebut berarti masyarakat Kabupaten Puwakarta memiliki daya saing yang relatif lebih baik dan pembangunan Kabupaten Puwakarta relatif lebih maju dibandingkan dengan daerah lain.

“Fokus pembangunan pada tahun 2022 adalah optimalisasi kualitas mutu pendidikan dengan mengedepankan inovasi pembelajaran baik daring atau online maupun hybrid learning, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yang layak sesuai standar pelayanan yang ditetapkan. Kemudian pengembangan kapasitas tenaga pendidik melalui bimbingan teknis serta pendidikan dan pelatihan, baik secara daring maupun tatap muka.

Bupati Purwakara juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak, dan memberikan penghargaan kepada Guru Honorer Tertua, diantaranya; Saefurrohman (Guru TK Negeri Pembina Liunggunung Kecamatan Plered), Sarjiyem (Guru SDN 1 Tegaldatar Kecamatan Maniis), dan Euis Wahiyati (Guru SMPN 1 Babakancikao).

Selain itu, memberikan penghargaan kepada Guru honorer terlama, diantaranya Ibu Ratu Dwiyanti Kartini A.K (Guru TK Negeri Campakasari Kecamatan Campaka, Rosmala (Guru SDN 3 Cimahi Kecamatan Campaka, dan Ibu Euis Wahiyati (Guru SMPN 1 Babakancikao).

Dalam mewujudkan Lima Bunga Pendidikan Karakter, terdapat tokoh inspiratif program Tatanen di Bale Atikan yaitu Bapak Mochammad Irvan Efrizal, atas dedikasi dan pengabdiannya pada dunia pendidikan di Kabupaten Purwakarta.

Ia juga berharap agar upaya pembangunan pendidikan dapat berimplikasi pada peningkatan capaian tujuan, sasaran dan target pembangunan daerah di Kabupaten Puwakarta, serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Puwakarta guna mewujudkan Puwakarta Istimewa.

Dalam upacara tersebut nampak hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta atau yang mewakili, Penjabat Sekda Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta beserta jajaran, Para Kepala OPD Se-Kabupaten Purwakarta, Ketua PGRI Kabupaten Purwakarta, Ketua Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Purwakarta, Para Pengawas dan Guru Se-Kabupaten Purwakarta. (jainul abidin/hms)