Bupati Purwakarta Kukuhkan Pengurus Komite Olahraga Rekreasi  Masyarakat

TrendPurwakarta.com – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melantik kepengurusan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Purwakarta periode 2021-2025 di Bale Sawala Yudhistira, Kamis 12 Mei 2022.

Dalam agenda tersebut, Bupati Purwakarta juga melepas kontingen induk untuk  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun 2022.

Dalam sambutannya, Ambu Anne mengatakan, olahraga merupakan investasi pembangunan manusia. Dari sepuluh tahun yang lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta sudah berbenah, menata, memperbaiki dan terus berupaya untuk mendukung program kegiatan berolahraga, dimulai dari dibukanya akses beberapa tempat untuk berolahraga.

“Pada hari ini, kami bersama Ketua Kormi Provinsi Jawa Barat melantik dan mengukuhkan Ketua Umum beserta Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Purwakarta Periode 2021-2025,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta akan terus berupaya dalam memenuhi sarana maupun prasarana kegiatan berolahraga, dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, masyarakat harus tetap melakukan aktivitas atau kegiatan berolahraga secara rutin. Semakin banyak beraktivitas olahraga di Kabupaten Purwakarta, maka semakin meningkat pula angka partisipasi kesehatan masyarakat.

“Kami bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Purwakarta mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya lembaga olahraga Kormi sebagai salah satu wadah olahraga masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan angka kesehatan, kebugaran tubuh, serta indeks pembangunan olahraga bagi masyarakat Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Baca Juga:  Kontingen Atlit Bridge Kabupaten Purwakarta Berhasil Lolos Babak Kualifikasi Porda Jawa Barat

Ia juga berpesan kepada para peserta Induk Olahraga yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat tahun 2022 yang bertempat dibeberapa Kabupaten di Jawa Barat, agar dapat berjuang dan mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh agar prestasi yang diraih dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

Ia juga berharap agar para peserta yang mengikuti Porprov agar mengikuti secara sportif demi terciptanya masyarakat yang sehat, bugar, gembira dalam berolahraga yang bersifat rekreasi dan berangkat dari penggiat olahraga kegemaran atau hobi tersebut sesuai dengan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegritas dan kolaboratif.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipertegas dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan bisa tercapai.

“Kasus Covid-19 di Jawa Barat terutama Kabupaten Purwakarta telah melandai, maka fasilitas-fasilitas publik yang dimiliki Pemerintah Daerah akan dibuka kembali, seperti Alun-Alun Purwakarta, Taman Anak Surawisesa, dan Alun-Alun seluruh Kecamatan dapat digunakan untuk aktivitas olahraga. Diharapkan seluruh elemen dapat  berkontribusi secara nyata dalam pengembangan dan peningkatan prestasi para Atlet Kabupaten Purwakarta, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional,” kata Ambu Anne.