Monitoring DAS Citarum, Dua Menteri Kunjungi Purwakarta

TrendPurwakarta.com – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama sejumlah kepala daerah lain serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendampingi kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Wahyu Sakti Trenggono ke Jasa Tirta II Jatiluhur, Purwakarta, Selasa 15 Maret 2022.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau progres pelaksanaan Program Percepatan, Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.

Dalam sambutannya, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa dalam penanganan Citarum Harum semua sektor saling bahu-membahu agar program ini ada kemajuan di setiap harinya. Hasilnya cukup baik dan ada kemajuan berkat dorongan dari semua pihak, di antaranya gubernur, bupati, staf ahli dan lainnya. “Termasuk Dansektor yang merupakan pahlawan-pahlawan yang tidak diketahui orang,” kata LBP.

LBP juga mengatakan, semua harus ditata dengan baik agar program Citarum Harum ini dapat mencapai target. Jika ada persoalan maka harus diselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

Baca Juga:  Purwakarta Zona Merah, Warga Diminta Waspadai Tingginya Resiko Penyebaran Covid-19

Mengenai keberadaan Keramba Jaring Apung (KJA) bukan tidak boleh, namun harus sesuai dengan daya tampung dari danau itu sendiri. “Lebih dari itu mohon maaf, karena enak dikalian tidak enak ke orang lain. Pengaturan ini harus kita sepakati bersama,” kata Luhut.

Ia juga mengapresiasi kinerja Menteri KKP dalam penanganan ini, memberikan solusi terhadap persoalan yang ada, termasuk juga gubernur dan bupati.

Sementara Menteri KPP, Wahyu Sakti Trenggono menyampaikan Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang melintasi 12 kabupaten dan kota mulai hulu di Kabupaten Bandung dan muara di Kabupaten Bekasi.