Sejarah Baru Yayasan Pendidikan Al Muhajirin Purwakarta Teken MoU dengan Harvard University Amerika Serikat

TrendPurwakarta.com – Yayasan Pendidikan Al Muhajirin Purwakarta dan Harvard University Amerika Serikat secara resmi akan menanda tangani  Memorandum of Understanding (MoU) pada hari Minggu, (6/3/2022).

Acara pendatanganan MoU tersebut digelar atas rencana kerjasama dalam program short course (kursus singkat), Kampung Bahasa Inggris, riset, study banding dan pertukaran pelajar/santri. Perjanjian tersebut akan memberikan kesempatan pengembangan akademik baru serta kesempatan belajar di luar negeri bagi siswa kedua institusi.

Ketua Yayasan Al-Muhajirin Purwakarta, Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd mengatakan bahwa kolaborasi Al Muhajirin Purwakarta Indonesia dan Harvard University Amerika Serikat ini atas inisiasi Pendiri Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta, Dr. KH. Abun Bunyamin. Ini adalah sejarah baru di Indonesia dan pertama di Indonesia, pondok pesantren bisa tanda tangan MoU dengan kampus nomor 1 di dunia. Kerjasama antara kedua institusi ini juga memberikan kesempatan untuk saling bertukar staf pengajar kedua institusi maupun mahasiswa dan santri.

Tokoh Cendikiawan Muslimah NU Jawa Barat ini mengatakan kerjasama tersebut memegang peranan penting dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Terutama dalam mengembangkan kolaborasi pendidikan Islam dan pesantren serta hubungan bilateral.

“Saya berharap MoU antara Yayasan Al Muhajirin Purwakarta ini tidak hanya seremonial namun juga berkembang ke subjek lain yang dapat memberikan manfaat bagi kedua universitas dan juga kedua negara serta syiar dakwah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin untuk dunia barat,” ungkap Ifa Faizah Rohmah.