Menko Kemaritiman dan Investasi Monitor Pembangunan Terowongan Kereta Cepat

Direktur utama KCIC, Dwiyana Slamet Riadi

TrendPurwakarta.com -Datang berkunjung dengan menggunakan kereta api dan transit di Stasiun Ciganea, Purwakarta. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengecek pengerjaan terowongan (Tunnel 2) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Kampung Tegalnangklak, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Dalam agenda tersebut, nampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forkopimda Purwakarta menyambut kedatangan LBP. Sebelum mengecek terowongan, Menko Marves mendengarkan paparan terlebih dahulu dari pihak pengembang proyek strategis nasional tersebut, didampingi Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Direktur utama KCIC,Dwiyana Slamet Riadi.

LBP menyebut lokasi tanah di sekitar tunnel 2 sedikit lempung namun persoalan itu dapat diatasi dengan baik, dan ditargetkan April mendatang bisa selesai. “Berdasarkan penjelasan dari ahli tadi, ditargetkan April 2022 selesai,” kata LBP kepada awak media,
Rabu (12/1/22)

Sebelumnya, ia menduga jika struktur tanah di sini banyak tanah lempung, akan tetapi tidak terbayangkan separah ini. Akan tetapi, kondisi saat ini semakin baik dan terus dikerjakan ke dalam karena di atas sudah di bor juga dicor bahan beton. “Menurut ahli-ahli di bidang ini bisa menahan goyangan,” kata LBP.

Sementara Direktur utama  Kereta cepat Indonesia Cina (KCIC ),Dwiyana Slamet Riadi,Mengatakan,memang tanah disini cenderungnya lembut dan berlumpur jadi ketika di gali dengan excavator langsung runtuh.

Proses pengerjaan terowongan tersebut hanya tersisa sepanjang 300 meter lagi untuk mencapai pengerjaan 100 persen. Kata dia, kondisi tanah lempung menjadi kendala dalam pengerjaan terowongan tersebut. Namun, lanjut dia, pihak kontraktor PT Sinohidro  saat ini sudah menutup titik – titik tanah itu dengan di beton.