Mengejar Target Cakupan 70 Persen pada Akhir Tahun, Pemkab Purwakarta Genjot Percepatan Vaksinasi

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (pakai kaos putih)

TrendPurwakarta.com – Salah satu terobosan yang dilakukan untuk mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19 adalah dengan mendekatkan pos atau sentra-sentra vaksinasi di tengah-tengah lingkungan warga, hingga ke tingkat RW, RT dan door to door.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika disela-sela memantau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Sukatani, Plered dan Kecamatan Tegalwaru, Jumat, 12 November 2021.

Menurutnya, selain metode rutin vaksinasi yaitu berbasis fasilitas pelayanan kesehatan, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta juga membuka alternatif lain yang bersifat massal dengan pos-pos atau sentra vaksinasi yang dilakukan melalui kerja sama kemitraan dengan berbagai elemen dan kelompok masyarakat.

Dukungan kemitraan baik berupa tempat layanan, tenaga tim vaksinator, edukasi dan mobilisasi masyarakat, sarana dan prasarana, tutur Ambu Anne, sangat efektif untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi.

“Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional, hari ini, saya bersama pak Dandim Purwakarta memantau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Sukatani, Plered dan Tegalwaru,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengakui, beberapa pekan belakangan ini ada penurunan pada antusias dan partisipasi warga untuk melaksanakan vaksinasi. Oleh karena itu, jajaranya mendorong pelaksanaan vaksinasi dengan cara door to door.

“Tenaga kesehatan kita sebar, hingga sampai di depan pintu rumah warga. Kita mengejar target cakupan vaksinasi mencapai 70 persen hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Sementara, pada momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, ia juga mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh jajaran tenaga kesehatan di Kabupaten Purwakarta yang telah berkontribusi dari awal penanganan Covid-19 sampaiĀ  hingga pelaksanaan percepatan vaksinasi ini.