Bupati Minta Pemprov Jabar Percepat Perbaikan Jalan Pramuka yang Telah Menelan Korban Jiwa

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

TrendPurwakarta.com – Selain menjadi jalur industri, jalan yang menghubungkan Kecamatan Purwakarta Kota-Jatiluhur-Babakan Cikao dan Kecamatan Sukasari itu juga menjadi jalur perlintasan menuju sejumlah destinasi wisata di wilayah tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, Jalan dengan nama Jalan Pramuka itu juga kerap dilalui oleh aktivitas kendaraan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Akibatnya, kerusakan parah terjadi di jalan yang berstatus jalan provinsi tersebut. Belum lagi, kecelakaan lalulintas yang juga kerap terjadi yang ditenggarai diakibatkan oleh kondisi jalan tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut, jajaran Pemkab Purwakarta yang dipimpin Bupati Anne Ratna Mustika, menggelar rapat koordinasi dengan Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, PT KCIC, PT WIKA, PT Indorama Syntetis, PT Win Textile, PT Metro dan beberapa perusahaan lain yang ada di wilayah Kecamatan Jatiluhur.

Seorang warga di Kecamatan Jatiluhur menyampaikan keprihatinannya atas rusaknya jalan Pramuka yang belum mendapat perbaikan

“Kami berharap Pemprov Jabar bisa segera memperbaiki jalan tersebut. Karena dengan rusaknya jalan tersebut, banyak masyarakat yang terganggu aktifitasnya. Selain itu, jalur yamg menghubungkan Kecamatan Jatiluhur, Sukasari dan Babakan Cikao itu merupakan salah satu akses industri dan pariwisata yang ada disana,” kata Ambu Anne, usai rakor di Istora Jatiluhur, Senin (8/11/2021).

Ambu Anne juga menyampaikan banyak keluhan masyarakat mengenai jalan yang semakin rusak parah apalagi dimusim hujan yang mengakibatkan kubangan air.

Menurutnya, Jalan Pramuka menuju Jatiluhur memiliki karakteristik jalan yang bergelombang dan berlobang, fasilitas perlengkapan jalan yang kurang, drainase tidak cukup dan tidak berfungsi secara optimal. Dimana pemanfaatan jalan tersebut digunakan sebagai lintas kendaraan berat dan jalur angkutan umum lainnya.