Satreskrim Polres Purwakarta Ringkus Tersangka Pengedar Uang Palsu

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto menunjukan barang bukti Upal yang disita dari para tersangka

TrendPurwakarta.com – Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta berhasil meringkus seorang pria yang merupakan tersangka pengedar uang palsu dengan modus penggandaan uang.

Pelaku diketahui seorang pria paruh baya itu bernama Ahmad (68) yang tercatat sebagai warga Desa Cisomang Barat, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

Barang Bukti Uang Palsu (Upal) yang berhasil disita aparat Polres Purwakarta

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, pelaku ditangkap di salah satu rumah makan yang berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, pada Minggu, 31 Oktober 2021, lalu

“Dalam melancarkan aksinya, pelaku mengaku bisa menggandakan uang dari uang sebesar 100 juta rupiah menjadi 1 Miliyar rupiah,” ucap Pria yang akrab disapa Hery, saat menggelar konferensi pers di Aula Sarja Arya Rancana Mapolres Purwakarta, pada Selasa, 2 November 2021.

Kapolres, menjelaskan, awalnya kasus ini terungkap pada saat pelaku janjian bertemu dengan korban di salah satu rumah makan yang ada di wilayah Kecamatan Jatiluhur, untuk mengambil uang yang akan di gandakan pelaku.

“Saat itu pelaku sambil memperlihatkan sample uang hasil penggadaan sebelumnya, ternyata uang sample yang di bawa pelaku di mobilnya diduga palsu, selain itu pelaku menyimpan uang-uang tersebut di rumahnya,” beber Hery.

Dari pengamatan fisik, sambung dia, cetakan uang yang dipalsukan tampak lebih buram dibanding uang asli.