Asep Agustian Minta Aparat Kepolisian Segera Mengungkap Facebooker Penghina Bupati Karawang

Asep Agustian, SH.,MH

TrendPurwakarta.com – [ KARAWANG ] – Pasca viral dan masih menjadi perbincangan sebagian publik Karawang, pihak kepolisian Polres Karawang diminta untuk segera mengungkap identitas netizen facebook yang membuat postingan penghinaan terhadap Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Pemerhati pemerintahan, Asep Agustian SH.MH mengatakan, postingan status facebook ‘Iyan Pesek’ tersebut bukan hanya akan menyakitkan pribadi Bupati Cellica. Melainkan juga masyarakat Karawang secara umum. Karena apapun alasannya, Bupati Cellica merupakan simbol pemerintah daerah yang harus dijaga marwahnya.

“Sama halnya ketika kasus netizen yang menghina Presiden Jokowi yang kemudian diproses secara hukum, karena Jokowi adalah simbol negara. Maka, yang menghina bupati atau walikota pun harus dipidanakan juga”,tutur Asep Agustian SH.MH, Senin (1/11/2021).

Menurut Askun (sapaan akrab), ada perbedaan yang sangat mencolok antara ‘mengkritik’ dengan ‘menghina’. Sehingga disimpulkan sementara, postingan status facebook Iyan Pesek masuk kategori penghinaan.

“Saya termasuk orang yang sering mengkritik kinerja Bupati Cellica melalui media. Tapi kalau melihat status facebook Iyan Pesek ini, jelas sebuah penghinaan. Secara pribadi sebagai warga Karawang, saya juga merasa sakit dan marah sekali dengan postingan status netizen facebook tersebut,”kata Askun.

Oleh karenanya, sambung Askun, ia meminta kepada Bupati Cellica atau tim atau orang-orang dekatnya untuk segera membuat Laporan Polisi (LP) atas dugaan pelanggaran UU ITE oleh netizen facebook Iyan Pesek ini. Sehingga pihak kepolisian dapat segera memulai untuk melakukan proses hukum (penyelidikan).

“Kenapa harus dipolisikan?. Karena kasus penghinaan terhadap Bupati Cellica di media sosial ini selalu berulang-ulang, bukan sekali duakali terjadi. Harus dikasih pelajaran buat netizen lain yang gak ngerti aturan. Supaya ke depan ada efek jera. Supaya ke depan tidak berulang-ulang ada kasus serupa,”tegas Askun.

Sisi lain, praktisi hukum ini juga sangat menyayangkan kepada pengelola atau admin group facebook Karawang Info Terkini dan Karawang Berita Info yang meloloskan postingan status Iyan Pesek yang tak senonoh.