Wujudkan Kompetensi Wartawan jadi Komitmen PWI Jawa Barat

TrendPurwakarta.com I Bandung I Mewujudkan kompetensi wartawan dan optimalisasi peran organisasi menjadi komitmen kepengurusan baru PWI Jawa Barat periode 2021-2026.

Hal itu disampaikan Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat usai Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus PWI Jawa Barat 2021-2026 di Aula Gedung Sate, Selasa 26 Oktober 2021.

Menurut Hilman, sesuai dengan semangat yang diusung dalam Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus perioode 2021-2026 “Sprit PWI Jawa Barat Menyongsong Tatanan Baru” ,  PWI Jabar berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan.

“Meningkatkan kompetensi wartawan adalah semangat yang ingin kami terus gelorakan dan upayakan. Terlebih di tengah tantangan tatanan dunia baru yang membutuhkan pribadi- pribadi unggulan dan berdaya saing, ” ungkap Hilman.

Hal lain lanjut Hilman, yang juga akan menjadi fokus di kepengurusan baru adalah optimalisasi peran dan fungsi organisasi sebagai wadah profesi wartawan.

Hilman menambahkan,  Jawa Bara merupakan daerah berjuluk “Pabrik Konten” dengan segala kreativitasnya. Hal itu tentu menjadi tantangan besar, agar konten- konten yang tersaji bukan hoaks.

“Itulah tantangan besarnya yakni mendukung pabrik konten baik dari sarana dan infrastrukturnya maupun kompetensi pembuat konten dalam hal ini wartawan,” tandas Hilman.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari mengungkapkan, era disrupsi media telah membuat perusahaan pers seolah runtuh dan tergerus.  Hal itulah yang harus disikapi serius.

Ke depan menurut Atal, wartawan harus mampu bersaing di tengah gencarnya arus digitalisasi khusunya arus media sosial.