Disiplin Prokes dan Jaga Kondusifitas Menuju Pilkades Sukses Tanpa Ekses

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Ambu Anne Ratna Mustika

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, pengamanan Pilkades menjadi atensi jajarannya. Pihaknya juga terus bersinergi dengan TNI dan unsur Pemerintah Kabupaten Purwakarta guna mencegah terjadinya permasalahan yang tidak diinginkan.

Upaya-upaya pencegahan terhadap potensi konflik selama tahapan maupun pelaksanaan Pilkades, lanjutnya, menjadi bagian dari materi pembahasan rapat. Termasuk memetakan daerah-daerah rawan konflik. “Saling mendukung dan menjaga kondusifitas di antara seluruh pihak yang terlibat, menjadi kunci keamanan pelaksanaan pilkades,” ujar AKBP Hery.

Untuk pengamanan, sambung dia, sebanyak 1.250 personel yang terjadi dari Personil TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta. “Kami sudah siapkan beberapa personel baik dari Polda Jabar yang membackup kita dalam pengamanannya Pilkades serentak ini, termasuk dari satuan TNI, satuan Satpol PP, maupun satuan dari Polres terdekat seperti Polres Karawang dan Polres Subang,” ujar Hery.

Dengan demikian, lanjut dia, kekuatan personel pengamanan Pilkades Serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta dapat terwujudnya Pilkades yang aman dan kondusif. Ia juga berpesan agar masyarakat mengikuti proses demokrasi di tingkat desa itu dengan baik. Pesan tersebut utamanya disampaikan untuk warga di 170 desa yang menggelar Pilkades.

“Mari bersama-sama menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Pilihan boleh berbeda, tetapi persatuan, persaudaraan, dan kerukunan harus tetap kita jaga,” demikian AKBP Suhardi Hery Haryanto.

Untuk diketahu, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta akan berlangsung di 17 kecamatan, sebanyak 170 desa dengan jumlah TPS sebanyak 1.172 , jumlah Cakades sebanyak 574 orang, jumlah DPT 545.318 hak Pilih, jumlah Panitia Pilkades sebanyak 850 orang, jumlah kelompok penyelenggara Pilkades sebanyak 9376 orang dan jumlah Pengawas Pilkades sebanyak 510 orang. (Diskominfo Purwakarta/001)