Disiplin Prokes dan Jaga Kondusifitas Menuju Pilkades Sukses Tanpa Ekses

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Ambu Anne Ratna Mustika

TrendPurwakarta.com – Hari pencoblosan Pilkades serentak di Purwakarta, sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 16 Oktober 2021. Dengan berbagai catatan berkaitan dengan kondusifitas dan penerapan protokol kesehatan serta teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Pilkades serentak 2021 di Aula Sarja Arya Rancana, Mapolres Purwakarta, Selasa, 12 Oktober 2021. Dalam agenda tersebut, nampak hadir jajaran Forkopimda Purwakarta.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkades serentak ini perlu dipersiapkan secara matang dan terkoordinasi khususnya dalam hal pengamanan yang melibatkan berbagai pihak terutama unsur Pemda dengan TNI dan Polri. “Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral agar semua tahapan pilkades nanti dapat berjalan sesuai harapan,” kata Ambu Anne.

Selain itu, hal-hal yang berkaitan dengan langkah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan pada proses Pilkades juga harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh unsur masyarakat yang terlibat dalam hajatan demokrasi tersebut.

“Kita jangan hanya berfokus pada pencegahan hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades semata, tetapi kita juga harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sehingga segala potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisir. Karena Pilkades bagian dari sebuah proses demokrasi, mari kita ciptakan Pilkades yang sehat dan mampu melahirkan pemimpin impian masyarakat,” kata Ambu Anne.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam agenda Pilkades serentak tahun ini. Selain itu ia juga mengucapkan terimakasih atas peran TNI dan Polri dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkades serentak ini.