Deklarasi Damai Pilkades, Cakades Siap Menang Siap Kalah

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama Forkopimda pada deklarasi damai Pilkades serentak 2021

TrendPurwakarta.com – Para Calon Kepala Desa (calkades) se-Kabupaten Purwakarta bersepakat untuk; Satu, menjamin pelaksanaan Pilkades serentak se Kabupaten Purwakarta berjalan secara damai, lancar, tertib, aman dan kondusif. Dua, siap mentaati dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tata-tertib yang telah dibuatkan oleh panitia Pilkades. Tiga, siap untuk menerima kemenangan dan kekalahan dalam Pilkades melalui proses yang demokratis.

Demikian isi deklarasi damai yang dibacakan oleh para Calon Kepala Desa, disaksikan para panitia Pilkades pada Deklarasi Damai Pilkades Serentak di Kabupaten Purwakarta Tahun 2021, Senin 11 Oktober 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo

Kegiatan yang disaksikan jajaran Forkopimda tersebut dipusatkan di Halaman Kantor Kecamatan Babakan Cikao dan juga digelar secara virtual di setiap kecamatan. Sebanyak 574 Cakades se-Kabupaten Purwakarta menandatangani deklarasi tersebut.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangannya mengatakan, Mendagri telah memberikan rekomendari kepada Kabupaten Purwakarta untuk menggelar Pilkades serentak pada 170 desa di 17 kecamatan.

Menurut Ambu Anne, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 141/4598/BPD tanggal 8 Oktober 2021 Perihal Rekomendasi Tindak Lanjut Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak. Kabupaten Purwakarta telah mendapatkan rekomendasi untuk melaksanakan pemilihan Kepala Desa sesuai dengan Keputusan Bupati Purwakarta Nomor 140/Kep.429-DPMD/2021 Tentang Penetapan Desa dan Waktu Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Purwakarta yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 16 Oktober 2021.

“Pilkades serentak di Purwakarta, sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2021. Dengan berbagai catatan berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan dan teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Ambu Anne.