Mengais Rezeki Recehan Jadi Badut Jalanan Jelajahi Purwakarta

Badut kini marak disetiap sudut jalanan Purwakarta

TrendPurwakarta – Beberapa bulan belakangan ini, keberadaan badut-badut jalanan dengan berbagai karakter film animasi, nampak mewarnai sudut-sudut taman dan pinggir-pinggir jalanan di Purwakarta. Ada yang merasa lucu dan terhibur, ada juga merasa iba dibalik kehadiran mereka.

Para badut dengan karakter Boboiboy, Upin, Ipin, Mickey Mouse, Doraeman dan karakter lainnya itu berkeliling di sekitar wilayah Purwakarta Kota bahkan ada juga yang menjelajahi sejumlah kecamatan, mengharap recehan dari warga, pengunjung taman maupan para pengguna jalan.

sang badut kelelahan diantara para jurnalis

Kadang ada yang memberinya hanya lima ratus rupiah, seribu, dua ribu, lima ribu sampai sepuluh ribu. Kadang hanya lambaian tangan. Bahkan ada juga pengendara mobil dengan kaca tertutup yang tak memberi respon.

Salah seorang dibalik kostum badut itu, sebut saja Andriana, pemuda berusia 21 tahun asal Desa Ciasem Girang Kecamatan Sukamandi, Kabupaten Subang itu setiap hari menyusuri jalanan di sekitaran Purwakarta Kota, sesekali ia pernah sampai juga hingga Kecamatan Jatiluhur. Pekerjaan ini sudah dijalani oleh Andrian sekitar empat bulan.

Karena mengenakan kostum yang berat, panas dan pengap seringkali membuat dia kelelahan. Sesekali dia nampak menyandarkan diri di warung-warung untuk sekedar melepas lelah dan membeli minuman ringan.

Ditemui di sekitar Taman Pembaharuan, tak jauh dari Kantor Kecamatan Purwakarta Kota, pria yang tidak bisa menamatkan pendidikan sekolah dasarnya itu bercerita. Bersama lima orang temannya yang juga membadut, dia pulang pergi Purwakarta-Sukamandi.