Mengenal Sosok Dodi Ismail, Calon Kepala Desa Cisarua Kecamatan Tegalwaru

Foto: Dodi Ismail, Calon Kepala Desa, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

*Oleh: Jainul Abidin

Suatu hari, penulis berkunjung ke sebuah tempat berkumpulnya para pekerja urban di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Seseorang yang ditokohkan oleh para pekerja urban (orang yang berpindah dari desa ke kota untuk bekerja di kota-kota besar) memperkenalkan penulis kepada seorang diantara yang hadir saat itu.

Dari penampilan fisik lelaki yang dikenalkan cukup perlente dan terbilang cerdas serta familiar.

Rupanya dia salah satu Calon Kepala Desa yang akan mengikuti perhelatan akbar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Purwakarta pada 16 Oktober 2021 mendatang.

Dia bernama Dodi Ismail. Pria kelahiran tahun 1977 yang telah memiliki 2 orang putra dan seorang putri itu mengemukakan tekadnya dalam memenangkan di Pilkades serentak bulan Oktober mendatang untuk menjadi orang nomor satu di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru.

“Insya Alloh, saya yakin akan memenangkan Pilkades Desa Cisarua, kalau tidak yakin menang ngapain nyalon,”tegas Dodi yang kesehariannya sebagai pengusaha sukses dibidang material ini.

Dodi mengaku, awalnya dia tidak terbersit ingin ikut cawe-cawe di Pilkades serentak, namun dorongan serta dukungan yang tulus dari tokoh masyarakat, pemuda dan ulama setempat meluluhkan hatinya dan tentu dengan keyakinan akan menghasilkan suara terbanyak dibandingkan dengan dua orang “lawan” Calkades lainnya.

Keyakinan itu juga diperkuat oleh sahabat karib Dodi Ismail bernama Erwin. “Saya sudah 17 tahun tinggal dan ber-KTP Jakarta. Mendengar sahabat saya Dodi mau mencalonkan diri jadi Kades saya sekarang pindah ke Desa Cisarua ingin membantu mempromosikan kepada masyarakat bahwa Dodi sangat layak menjadi pemimpin di Desa Cisarua untuk membuat perubahan yang signifikan. KTP saya sekarang bukan lagi KTP Jakarta, tapi sudah KTP Desa Cisarua,”beber Erwin sambil menunjukan KTP miliknya.

Ditempat terpisah, pimpinan organisasi buruh bangunan asal Purwakarta yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya yang tergabung dalam wadah Forkom MKP, H. Umar Salim mengatakan bahwa sosok Dodi Ismail merupakan tokoh muda yang cepat kaki, ringan tangan dikalangan masyarakat Desa Cisarua.

Menurut H. Umar Salim, hal itu terlihat dari kesehariannya, banyak waktu yang diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, baik dikalangan Bapak-bapak maupun ibu-ibu dan juga kegiatan kepemudaan serta bakti sosial kemasyarakatan.

“Insya Alloh pada hari H pencoblosan Pilkades Desa Cisarua pengurus dan anggota serta keluarga dari Forum Komunikasi Masyarakat Karya Pembangunan (FKMP) akan mengawal jalannya Pilkades serentak di Desa Cisarua dengan aman, jujur dan adil,”janji Ketua FKMP, Drs. H. Umar Salim, SH yang akrab disapa Abi dikalangan para pekerja migran ketika berjumpa penulis di sebuah kedai kopi di sekitaran Sadang, Purwakarta, Minggu (06/09/2021).

Berikut Program Kerja Calkades Dodi Ismail ;

A. Bidang Pemerintahan;

1. Pembenahan aparatur pemerintahan desa

2. Transparansi Keuangan

3. Sinergitas dengen BPD

4. Peningkatan pelayanan publik

B. Bidang Pembangunan;

1. Pembangunan akhlak

2. Pembangunan fisik (jasmani)