Pemkab Purwakarta Sasar Vaksinasi Covid-19 Kepada Ribuan Ibu Hamil

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Kesehatan pada kegiatan vaksinasi covid-19 untuk ibu hamil

TrendPurwakarta.com – Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta mulai menargetkan ibu hamil. Sebanyak empat ribu dari 17 ribu ibu hamil akan mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi tersebut digelar di sentra vaksin Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan serentak di 17 Puskesmas yang dimulai pada hari ini, Senin 30 Agustus 2021.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan vaksinasi yang menyasar ibu hamil tersebut memiliki kriteria tertentu, yakni usia kehamilan harus sudah di atas 13 minggu. “Target sasaran pada minggu ini ada kurang lebih 4 ribu dari jumlah total ibu hamil 17 ribu. Tapi memang yang bisa divaksinasi adalah kehamilan yang di atas 13 minggu,” ujar Ambu Anne.

Menurutnya, vaksinasi terhadap empat ribu ibu hamil dilakukan secara bertahap dengan target selesai pada minggu depan. Untuk saat ini, pemerintah terus melakukan edukasi terkait dengan vaksinasi Covid-19 kepada ibu hamil.

Pasalnya, masih banyak ibu hamil yang ragu dan takut dengan vaksinasi Covid 19. Bupati Ambu Anne bersama dr Purwanto spesialis kandungan di Purwakarta menjamin vaksinasi aman bagi ibu hamil. “Nanti kita akan terus pantau dan mudah-mudahan minggu depan vaksinasi 4 ribu ibu hamil ini sudah bisa kita selesaikan,” ujar Ambu Anne.

Ia juga menjelaskan selain terhadap ibu hamil, vaksinasi Covid-19 juga menyasar pada kalangan ibu menyusui. Data terbaru, jumlah masyarakat Purwakarta yang sudah divaksinasi Covid-19 sudah hampir mencapai 24 persen.