Bupati Purwakarta: Kondisi Penanganan Covid-19 Mulai Membaik

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Dandim 0619/PWK Letkol Krisrantau

Penerima bantuan ini, lebih diprioritaskan kepada para lansia atau warga yang tidak produktif. Bantuan tersebut diberikan secara tunai dengan harapan agar dapat mendorong perputaran roda perekonomian sehingga terjadi peningkatan daya beli masyarakat.

“Bahkan masa PPKM ini juga kita distribusikan bantuan dari Kementrian Sosial RI bantuan beras sebanyak 10 kilogram untuk 114.103 KPM, dan 5 kilogram beras untuk 3000 KPM,” tuturnya.

Sementara, untuk perkembangan program vaksinasi di Kabupaten Purwakarta kini sudah mencapai 18,29 persen, dimana angka tersebut merupakan akumulasi dari total keseluruhan, dari mulai tenaga kesehatan, pendidikan, pelayanan publik, lansia dan vaksinasi remaja.

“Secara total ada 142.091 orang atau 18,29% dari populasi warga Purwakarta yang telah telah divaksin, kalau target kami tentu mencapai 70 persen di akhir tahun ini. Namun bagaimanapun tetap bergantung pada alokasi vaksin dari pemerintah pusat,” ujar Anne.

Selain penerapan PPKM kini upaya lain menangani pandemi juga tengah dilakukan oleh Pemkab Purwakarta, “Kita gencarkan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat, kita lakukan tracing, testing dan treatment hingga ke tingkat RT,” ucapnya.

“Kami juga berharap agar pasar tradisional bisa beroperasi secara normal, anak-anak bisa segera sekolah tatap muka, ini upaya yang cukup sulit namun lagi-lagi saya sampaikan kepada seluruh rekan di OPD ini bukan soal pekerjaan, tapi soal ibadah. Mengeluh boleh asal jangan kedengaran masyarakat, kita harus kuat,” ucapnya.

Menutup Ambu Anne mengungkapkan bahwa keberpihakan anggaran juga ia lakukan terhadap sektor kesehatan, karena pada situasi normal maupun pandemi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat merupakan prioritas utama jajarannya. (001)