Bupati Instruksikan Instansi Pemerintah di Purwakarta Tanam Pohon Bambu

Kepala BKPSDM Kab. Purwakarta, H. Asep Supriatna

TrendPurwakarta.com – Keberadaan pohon bambu menjadi perhatian khusus pemerintah Kabupaten Purwakarta. Hal ini dibuktikan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dengan mengeluarkan surat edaran bernomor 522.21/2688/BKPSDM tentang himbauan penanaman pohon bambu yang ditujukan bagi kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah kabupaten Purwakarta hingga kepada kepala desa di lingkup kabupaten Purwakarta.

Bupati Anne mengatakan, pohon bambu penting keberadaannya sebagai tempat untuk resapan air dan pemulihan ekosistem yang ada di sekitarnya.

“Bambu ini kan warisan budaya kita (Indonesia), karenanya penting bagi pemulihan ekosistem, menyimpan cadangan air dan tentu untuk rehabilitasi lahan.”, Ungkap Ambu ditemui diruang kerjanya menyoal surat edaran yang dikeluarkannya, Selasa (23 Agustus 2021).

Menurutnya, edaran ini dikhususkan kepada kepala perangkat daerah, camat, lurah dan kepala desa serta BUMD termasuk PDAM untuk segera mempelopori penanaman pohon bambu minimal di lingkungan kantor masing-masing.

Selebihnya, Anne mengharapkan para kepala desa dapat menggerakkan masyarakatnya untuk menanam pohon bambu di lahan miliknya masing-masing.