Momentum Hari Pramuka dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika

TrendPurwakarta.com – Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan; Motto Gerakan Pramuka Indonesia itu mengandung arti janji (Satya) harus dipegang teguh dengan cara mengamalkan Darma. Motto itu diciptakan dalam upaya memberikan semangat kepada para Praja Muda Karana (Pramuka) yang juga merupakan semboyan tetap dan tunggal bagi Gerakan Pramuka Indonesia.

Dalam momentum peringatan Hari Pramuka ke-60 ini, motto tersebut wajib dihayati oleh anggota Pramuka agar sebagai Pramuka, mereka tidak lepas dari upaya merealisasikan Satya dan mengamalkan Darma Pramuka dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam kondisi yang masih dilanda pandemi ini.

“Kiprah dan peran serta Gerakan Pramuka dalam penanggulangan pandemi Covid-19 ini harus lebih ditegaskan, salah satunya dengan terus mendukung dan berpartisipasi dalam upaya-upaya pemerintah dalam penanganan pandemi serta dampak yang ditimbulkan. Lagi-lagi, gotong-royong dalam penanggulangan dan mitigasi dengan semua unsur masyarakat adalah hal yang sangat penting dan berdampak positif,” ujar Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada peringatan Hari Pramuka ke-60 di Bale Mayar Datar, Komplek Perkantoran Pemkab Purwakarta, Sabtu 14 Agustus 2021.

Untuk mendukung langkah-langkah tersebut, pada momentum peringatan tersebut juga dilakukan pengukuhan Pengurus Cabang Gerakan Pramuka Purwakarta masa bakti 2020-2025. Selain itu, sejumlah program juga digulirkan oleh Bupati Purwakarta itu, diantaranya Program Kemah Keluarga. Sementara, untuk memberikan apresiasi pada Gerakan Pramuka di Purwakarta, Ambu Anne juga memberikan tanda penghargaan untuk orang dewasa serta Pramuka Garuda sebanyak 8 orang Penggalang dan Penegak.

  • Bagikan