Apresiasi Pahlawan Pangan, Pemkab Purwakarta Perkuat Sektor Pertanian

  • Bagikan

TrendPurwakarta.com – Dampak pandemi Covid-19 yang terjadi hampir dua tahun belakangan ini, dirasakan oleh hampir semua sektor kehidupan. Namun demikian, untuk kebutuhan pangan di wilayah Kabupaten Purwakarta, dipastikan masih terjamin ketersediaannya.

Demikian dikatakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda penyerahan secara simbolis bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Kelompok Tani di Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Senin 9 Agustus 2021.

“Kebutuhan pokok kita masih terjamin, hasil pertanian tidak terjadi penurunan justru masih surplus. Tingkat nasional surplus 2,5 persen bahkan untuk ekspor, sementara di Purwakarta dibandingkan tahun sebelumnya. Diawal pandemi hanya 12 persen lebih hari ini sudah mencapai 15 persen lebih. Produksi hasil pertanian, Alhamdulillah tidak terdampak,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, Pemda Purwakarta akan terus berkomitmen untuk mensuport para petani, diantaranya dengan mengedukasi para anak-anak milenial agar menjadi petani milenial baik di bidang pertanian padi maupun holtikultura. Hal itu akan menjadi lapangan kerja untuk para milenial.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan untuk para petani yang merupakan para pahlawan pangan. Di tengah-tengah pandemi mereka masih terus beraktivitas, masih terus mendorong, masih berusaha. Ini luar biasa dan Alhamdulillah tidak pernah terjadi klaster Covid-19 dikalangan para petani,” ujar Ambu Anne.

Sementara, dalam keterangannya Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Sri Jaya Midan mengatakan di masa pandemi ini bertani bisa menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

  • Bagikan