Purwakarta Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Kadinsos, Asep Surya Komara

TrendPurwakarta.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Sosial P3A setempat raih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama yang diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Penghargaan secara simbolis diterima oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang di lakukan secara virtual di Aula Janaka, Pemkab Purwakarta, Kamis, (29/7/2021). Purwakarta meraih penghargaan KLA Kategori Pratama bersama 9 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

“Alhamdulillah Kabupaten Purwakarta yang pertama kalinya hari ini dinobatkan menjadi Kabupaten dan Kota Layak Anak dengan kategori pratama,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, terdapat 24 indikator penilaian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang sudah dievaluasi terdapat pada Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

“24 indikator itu, diantaranya adalah pemenuhan hak anak sudah dievaluasi ke Purwakarta oleh tim penilai dari kementerian, seperti yang sudah dijabarkan yang paling utama dalam pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster,” ujarnya.

Kata Anne, dalam penghargaan yang di dapatkan Pemkab Purwakarta melalui Dinsos Purwakarta ini dari syarat lima klaster sudah dipenuhi seluruhnya, bahkan saat ini untuk Pemkab Purwakarta sendiri sudah terdapat Peraturan Daerah (Perda) layak anak.