Apa Boleh Buat Purwakarta Kekurangan APD, DPKPB Minta Bantuan ke Sejumlah OPD dan Perusahaan

Kepala DPKPB, H. Wieby

Untuk pemenuhan stok APD, kata dia, selain bantuan dari OPD pihaknya pun telah meminta bantuan ke beberapa perusahaan. Apapun bantuan dari mereka, pastinya akan diterima dengan senang hati. Namun, pihaknya menyarankan bantuannya berupa APD atau alat penyemprot disinfektan. “Karena, dua jenis itu yang kita pergunakan pada saat ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, sejauh ini jajaran pemerintahan turut berjibaku untuk melakukan serangkaian upaya penanggulangan. Bahkan, pihaknya bersyukur, karena upaya pencegahan ini juga dilakukan secara guyub bersama seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali jajaran pegawai pemerintahan.

RSBA Jaga Ketersediaan Oksigen

Untuk menjaga ketersedian oksigen agar tetap aman, Dirut Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA) Kabupaten Purwakarta, Agung Darwis Suriaatmadja menghimbau agar warga yang terindikasi positif Covid-19 dengan gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri.

Menurutnya, meski nyaris kekurangan, ketersediaan alat medis bagi pasien Covid-19 seperti tabung oksigen di RSBA sampai saat ini masih terbilang aman. Pihaknya mengantisipasi dengan cara memesan oksigen dari jauh-jauh hari.

“Oksigen masih aman namun nyaris tidak cukup sebenarnya karena memang sumber pasokan itu-itu saja,” ujar dokter Agung.

Meski terbilang aman, kata Agung, khawatir apabila dari pemasok oksigen kosong, disebabkan karena seluruh rumah sakit selain di Bayu Asih banyak membutuhkan oksigen tersebut hal itu turut mengganggu dalam ketersediaan oksigen. “Sekarang kan permintaan seluruh rumah sakit bertambah ini pasti mengganggu ketersediaan oksigen, tapi untuk Bayu Asih masih bisa kita atasi,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 terutama tanpa gejala apapun untuk melakukan isolasi mandiri, hal ini di lakukan guna ketersediaan oksigen stabil dan tidak sampai habis total. “Kita berharap bagi masyarakat yang positif Covid-19 dengan gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah,” demikian Agung Darwis. (001)