DPPKB Purwakarta Gelar Virtual Expo Produk UPPKA Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika didampingi Kepala DPPKB, H. Yayat HIdayat promosi produk hasil Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) binaan DPPKB

Ambu Anne menambahkan, dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke 28 produk-produk yang ada di Galeri menong itu berikan harga khusus yaitu diskon 5 persen.

“Seluruh produk di Galeri menong dan bisa menikmati makanan khas Purwakarta sampai dengan 29 Juli 2021. Nikmati diskon 5 persen untuk produk-produk yang ada di galeri menong,” kata Ambu Anne.

Sementara, Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat mengatakan, melalui program pemberdayaan ekonomi keluarga, BKKBN ingin mendorong berbagai pendekatan untuk memberdayakan ekonomi keluarga yang harus diawali dari penataan pola pikir untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.

Menurutnya, sebagai bagian dari UMKM, Kelompok UPPKA diharapkan dapat menjadi wadah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kegiatan usaha ekonomi produktif.

“Kelompok UPPKA adalah kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor, dimana Instansi pembina adalah BKKBN yang berkolaborasi dengan lintas sektor terkait. Purwakarta merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang dianggap telah mampu memfasilitasi dengan memberikan pembinaan kepada kelompok UPPKA dari awalnya hanya bisnis keluarga, usaha mikro dan terus berkembang menjadi UMKM berbasis digital, sehingga bisa masuk di Galeri Menong,” beber Yayat.

Melalui UPPKA, Yayat berharap, dapat meningkatkan pendapatan keluarga yang kemudian akan memperbaiki kesejahteraan, baik dari keluarga peserta KB yang bersangkutan maupun dari seluruh anggota kelompoknya.

“Dengan peningkatan kesejahteraan tersebut, diharapkan kesertaan dan kesinambungan ber-KB secara tidak langsung dapat ditingkatkan,” demikian Yayat. (001)