Pastikan Kebutuhan Hari Raya Terpenuhi, Pemkab Purwakarta Gelar OPM

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada cara launching Operasi Pasar Murah (OPM)

Sementara, Bulog Sub Divre Subang, menyiapkan 2 ton daging sapi dan kerbau untuk kebutuhan menjelang lebaran 2021. Daging tersebut, khusus bagi Kabupaten Purwakarta. Pasalnya, wilayah ini akan menggelar bazar murah guna memenuhi kebutuhan bahan pokok penting masyarakat.

Wakil Kepala Bulog Sub Divre Subang, Umar Said, mengatakan, menjelang lebaran ini pemerintah daerah sudah berkoordinasi dengan Bulog. Terkait dengan pemenuhan sejumlah kebutuhan bahan pokok penting. Mulai dari beras hingga daging.

“Khusus untuk Purwakarta, kita sudah siapkan daging sapi dan kerbau beku sebanyak 2 ton,” ujar Umar, disela-sela launching operasi pasar murah di Kelurahan Tegalmunjul, Kecamatan Purwakarta.

Untuk harga daging sapi beku ini, dibandrol Rp 90 ribu per kilogram. Sedangkan, harga daging kerbau beku Rp 75 ribu per kilogramnya. Jika minat masyarakat tinggi, lanjut Umar, maka pihaknya bisa menambah pasokan untuk daging beku tersebut.

Selain daging, pihaknya juga menyediakan bahan pokok penting lainnya. Seperti, beras medium, beras premium, gula pasir, minyak sayur dan terigu. Bahan-bahan pokok tersebut, stoknya cukup banyak. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir.

Mengenai beras, lanjut Umar, untuk stok cadangan pangan daerah, jumlahnya mencapai 12 ribu ton. Stok tersebut, cukup melimpah. Dengan begitu, menjelang lebaran ini tak perlu khawatir soal beras. Mengingat, cadangan yang ada di gudang Bulog sangat banyak. “Insha Allah, stok beras aman. Sebab, stok yang ada di kita cukup banyak,” ujarnya.

Untuk harga beras medium, Bulog menjual sebesar Rp 8.300 per kilogram. Sedangkan beras premium mencapai Rp 11.500 per kilogram. Biasanya, beras dari Bulog ini dipergunakan untuk momentum tertentu. Seperti, ada bencana ataupun stabilisasi harga menjelang puasa dan lebaran. (001)