Kolaborasikan Konservasi Alam dan Pemberdayaan Masyarakat di Hari Air Sedunia

Pelepasan benih ikan di waduk Jatiluhur

TrendPurwakarta.com – Bertepatan dengan momentum Hari Air Sedunia Tahun 2021. Jasa Tirta II lakukan Green Program di kawasan Waduk Jatiluhur. Agenda yang mengkolaborasikan program peduli lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan pariwisata secara berkelanjutan itu digelar selama dua hari, 2-3 April 2021.

Green Program ini difokuskan pada tiga rangkaian kegiatan yaitu penanaman pohon, penebaran benih ikan produksi, festival kopi nusantara dan kemah konservasi.

“Green Program menjadi salah satu komitmen Jasa Tirta II dalam menjaga konservasi lingkungan di sekitar Waduk Jatiluhur. Melalui penanaman pohon, penebaran benih ikan menjadi upaya perusahaan untuk melindungi dan melestarikan waduk sebagai salah satu sumber air yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Direktur Utama Jasa Tirta II, Iman Santoso, Sabtu (3/4/21).

Selain jajaran Dewan Pengawas dan Direksi  Jasa Tirta II, Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Agus Suharyono,  Direktur Bendungan dan Danau Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, Founder Kampung Ilmu, Imam B. Prasodjo, Sony Soeharsono dari KLHK dan Muspida Kabupaten Purwakarta juga berpartisipasi dalam kegiatan yang mengusung kampanye peduli lingkungan ini.

Tak ketinggalan, musisi ternama Dwiki Dharmawan dan Mario Kahitna juga ikut hadir dan menghibur undangan dan peserta Green Program ini serta dalam rangka road to Life Program Jafest 2021.

Tak hanya konservasi, Green Program juga melibatkan pemberdayaan masyarakat dan penggerakan ekonomi kecil di Kawasan Waduk Ir. H. Djuanda dalam menciptakan ekonomi bisnis di bidang Pariwisata, khususnya di Jatiluhur Valley and Resort.

Penanaman pohon agroindustri yang dikelola masyarakat, penebaran benih ikan dalam upaya meningkatkan penghasilan petani ikan atau nelayan tangkap yang mendukung ke arah industri perikanan yang ramah lingkungan dan pemberian bantuan UMKM dalam menumbuhkan ekonomi kreatif.

“Di masa pandemi, sektor pariwisata sangat terdampak dan saat ini perlu dukungan untuk mempersiapkan bangkit karena dengan menggeliatnya sektor ini akan menciptakan dampak yang luar biasa bagi masyarakat,” kata Imam.

Green Program yang diisi juga kegiatan olahraga bersepeda ini terselenggara berkat dukungan berbagai pihak diantaranya Telkom Indonesia, Bank Mandiri, PT. Cikarang Listrindo Energy, Bank BRI, Angkasa Pura II, Jababeka & Co., PAM Jaya, Smarpolitan, Jasa Marga, Taspen, IndonesiaRe, PT. Wijaya Karya, Perhutani, Kimia Frama, IFA dan AirNav Indonesia.