Menuju Desa Cerdas Untuk Purwakarta Istimewa Diskominfo Siapkan Website DESAKU

Bupati Purwakarta, Ambu Anne Ratna Mustika bersama pejabat tinggi setempat serta Kadis Kominfo beserta para pejabat terasnya saat launching website desaku

Webdesaku adalah branding website resmi untuk 183 desa di Kabupaten Purwakarta. Website ini dibuat oleh Diskominfo bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku pembina perangkat Desa dan Bumdes, Bapenda Purwakarta, Bapenda Jawa Barat dan BJB,” ujar Ida, disela Launching Webdesaku di Bale Yudhistira, Komplek Pemkab Purwakarta, Rabu (24/2/2021).

Kata dia, Webdesaku juga adalah salah satu isi dari program Desa Cerdas (Smart Village) dan merupakan bagian dari program Kota Cerdas (Smart City) yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo dan Kemendes.

“Website ini berisi; keterbukaan informasi publik berupa tranparansi kegiatan Pemdes, profil desa, dan aktivitas desa. Informasi pariwisata sebagai bagian menyukseskan program satu desa satu objek wisata. Lapak online, sebagai sarana untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus sebagai pemulihan ekonomi pada masa pandemi dengan mengangkat produk warga untuk dibantu dijual oleh Bumdes di setiap desa,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Ida, Webdesaku juga diproyeksikan sebagai sarana untuk lebih mengefektifkan Bumdes yang ada di 183 desa di wilayah Purwakarta.

“Webdesaku juga bekerjasama dengan Samsat Provinsi Jawa Barat dan juga Bappenda Kabupaten Purwakarta sebagai media untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan juga pajak bumi dan bangunan di Bumdes sehingga diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purwakarta,” ujarnya, seraya mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya program ini.