Di Purwakarta: Ada 60.000 Pelaku Usaha Yang Sudah Terverifikasi 40.000 Diantaranya UMKM

Bupati Purwakarta memperlihatkan salah satu pelaku usaha UMKM berbasis digital

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto mengatakan, dengan mendukung QRIS, Bank bjb dan Grab sudah ikut aktif dalam pemulihan perekonomian Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

“Purwakarta sendiri merupakan daerah yang sangat terpengaruh naik turunnya perekonomian secara global. Untuk itu dibutuhkan kerja sama pentahelix dalam pemulihan ekonomi ini, yakni meliputi pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha dan media,” katanya.

Dijelaskannya, ada lima kunci utama dalam pemulihan ekonomi ini. Kelimanya adalah membangun mindset yang positif, bahwa pandemi ini akan berlalu. Menjaga keberimbangan pasar sebagai tempat bertemunya suplai dan deman. Kemudian, menjaga kelancaran investasi, mendorong digitalisasi ekonomi, dan kemudahan bertransaksi melalui QRIS.

“Pemanfaatan QRIS mendukung dua sisi, yakni kemudahan dalam bertransaksi dan sifatnya yang touchless, aman saat AKB. Selain itu, QRIS juga dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik pelaku UMKM hingga perusahaan besar,” demikian Herwanto. (001)