Pemkab Purwakarta Bidik Pasar Ekspor Daun Teh

Bupati Kabupaten Purwakarta, Anne ratna Mustika

TrendPurwakarta.com – Daun teh, merupakan salah satu produk perkebunan unggulan di Kabupaten Purwakarta. Bisa di bilang, potensi ekonomi dari komoditi ini juga cukup besar. Saat ini, tugas pemerintah daerah, hanya tinggal memfasilitasi agar produksi semakin berkembang dan pemasaran lebih luas.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, sebagian wilayahnya merupakan daerah dataran tinggi atau pegunungan. Sebut saja di antaranya, Kecamatan Wanayasa, Kiarapedes, Bojong dan Darangdan. Selama ini, masyarakat di empat kecamatan tersebut banyak di antaranya mengandalkan penghasilan dari berkebun.

“Selain Cengkeh, Kopi dan Pala, di empat wilayah itu kita juga punya produk perkebunan unggulan. Yakni, daun Teh,” ujar Anne, Rabu (3/2/2021).

Anne mengklaim, selama ini pemerintah melalui dinas terkait terus berupaya untuk mendorong dan menjembatani supaya hasil perkebunan rakyat ini bisa menguntungkan dari sisi ekonomi. Memang sudah menjadi tugas pemerintah untuk memfasilitasi agar produksi perkebunan ini semakin berkembang dan pemasaran lebih luas. “Tentu akan terus kami support supaya bisa lebih berkembang,” jelas dia.

Anne menjelaskan, pihaknya akan berkomitmen untuk terus mendorong supaya produktivitas perkebunan di wilayahnya terus meningkat, baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya. Karena, menurutnya, sektor perkebunan di wilayahnya cukup menjanjikan. “Ini jadi komitmen kami untuk melakukan pengembangan,” kata Ambu Anne.

Anne mengaku, sebenarnya Purwakarta cukup diuntungkan jika potensi-potensi yang ada, baik di sektor perkebunan atau lainnya bisa tergali dengan maksimal. Mengingat, wilayahnya berada di titik strategis yang jadi penyangga dua ibu kota. sehingga, dari sisi pemasarannya pun aksesnya sudah sangat mudah.