Guna Memulihkan Ekonomi di Masa Pandemi, Pemkab Purwakarta Cetak Wirausahawan Baru

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama Sekda setempat, H. Iyus Permana

TrendPurwakarta.com – Pemerintah Kabupaten Purwakarta, melalui dinas-dinas terkait tengah fokus melakukan beragam program sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi masyarakat. Hal itu dilakukan, agar roda ekonomi warga kembali berputar setelah terhenti beberapa saat akibat pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) setempat misalnya. Dinas tersebut, di penghujung 2020 kemarin mendorong sedikitnya 340 pelaku industri kecil masyarakat (IKM) yang tergabung dalam 17 kelompok di wilayah ini untuk kembali bangkit dari keterpurukan. Yakni, dengan cara mengasah keterampilannya, termasuk diberi bantuan peralatan untuk penunjang usaha mereka.

Para peserta sendiri, sebagian besar adalah kaum milenial. Mereka, sengaja digembleng materi dan praktik untuk dicetak menjadi wirausaha baru. Untuk pelatihannya sendiri, disesuaikan dengan potensi wirausaha yang ada di wilayah mereka masing-masing. “Ada 17 kelompok yang kita bina. Satu kelompoknya, rata-rata 20 orang,” ujar Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Senin (1/2/2021).

Bupati Anne Ratna Mustika menyaksikan pruduk hasil karya usahawan Purwakarta yang dipajang disalah satu galeri

Ambu Anne, menjelaskan, dengan pelatihan tersebut pihaknya menargetkan di 2021 ini akan muncul wajah-wajah anyar para pelaku usaha. Minimalnya ada 340 warga yang didominasi milenial, akan menunjukkan taringnya sebagai wirausaha baru.

Ia juga menuturkan, sejauh ini pihaknya terus mensupport warganya untuk selalu produktif apapun kondisinya. Termasuk saat pandemi seperti sekarang ini. Minimal ada kemauan dulu, untuk mengubah segalanya ke arah yang lebih baik lagi.

Karena itu, Anne sangat mengapresiasi kepada 340 warga yang telah mengikuti pelatihan yang didukung oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan ini. Dia berharap, dengan upaya ini kedepannya akan lahir jiwa-jiwa entrepreneur yang baru.