Redaksi

Kado Akhir Tahun, Purwakarta Raih Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Budiman Sujatmiko

Anugerah ini, imbuh Judi, mempunyai dua sisi yakni sebagai apresiasi dan tantangan atau peluang bagi Kabupaten Purwakarta.

“Anugerah ini tentunya di satu sisi merupakan apresiasi, namun di sisi lain merupakan tantangan dan peluang. Peluangnya anugerah ini bisa menjadi semangat-giroh atau spirit di masa pandemi untuk para pelaku budaya seperti pelaku seni budaya, cagar budaya, permuseuman dan lain-lain. Ini bisa disinergikan dengan lintas kementerian yang selama ini sering dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta,” tuturnya.

Di sisi lain, Tim Penilai yang diwakili oleh Budiman Sujatmiko, mengatakan penilaian lapangan di Kabupaten Purwakarta dilakukan pada bulan September lalu, dengan agenda mencocokkan atau memverifikasi data yang telah di usulkan kepada PTLK Kemendikbud.

“Pada intinya kedatangan kami itu mencoba memverifikasi mencoba mencocokkan dari data yang kami terima berupa teks berupa tulisan berupa penjelasan penjelasan berbagai kegiatan, kemudian kita cocokan kita datang kesini, dan dari hasil penilaian ternyata Kabupaten Purwakarta itu memang memiliki banyak kelebihan, jadi tidak hanya yang tertulis di dalam formulir yang sudah disediakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan tetapi juga setelah kita cocokan keadaan di Daerah Purwakarta memang pantas untuk diberikan anugerah kebudayaan,” ujarnya.

Anugerah Kebudayaan Indonesia merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbud Indonesia untuk individu, komunitas, lembaga dan pemerintah daerah yang telah berdedikasi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Untuk Tahun 2020, pemerintah daerah yang mendapatkan anugerah kebudayaan ini di antaranya Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Garut, dan Kota Yogyakarta.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan, H. Agus Hasan Saepudin merasa turut bangga Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan dibidang kebudayaan, “Bangga juga Purwakarta dapat penghargaan bidang kebudayaan dari Kemendikbud mengingat penilaian itu kan untuk seluruh Indonesia dan langsung pak Budiman Sujatmiko datang ke Purwakarta,”kata Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, H. Agus ketika dihubungi wartawan media ini dikantornya.(001)

Exit mobile version