Bupati Fokuskan Anggaran Untuk Membantu Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM Dampak Covid-19

Bupati Purwakarta memeriksa hewan ternak untuk bantuan kepada masyarakat

“Jadi, untuk Pontren itu mendapat tiga item. Yakni, benih, alat pembuat pakan dan bahan-bahan pembuat pakannya. Untuk penerimanya, ada 12 Pontren. Dengan bantuan ini, kami berharap bisa meminimalisasi keterpurukan para peternak di masa pandemi ini. Sehingga, dengan begitu mereka masih bisa produktif,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyadari betul, di masa pandemi Covid-19 ini hampir seluruh sektor yang selama ini menjadi penopang ekonomi masyarakat mengalami kelesuan. Atas dasar itu, fokus dirinya kedepan tak lain lebih mengedepankan penggunaan anggaran pada upaya pemulihan ekonomi masyarakatnya.

“Fokus kami kedepan, pengoptimalan anggaran itu lebih pada upaya pemulihan ekonomi. Makanya, kami dorong Dinas-dinas terkait, untuk fokus ke program yang bertujuan untuk mendorong perekonomian masyarakat,” ujar Ambu Anne.

Anne menuturkan, Pemkab Purwakarta cukup beruntung. Pasalnya, dalam upaya pemulihan ekonomi ini jajarannya turut terbantu bantuan dari pemerintah pusat. Hal mana, pemerintah memberikan reward untuk Purwakarta berupa Dana Insentif Daerah (DID) tambahan.

“Anggaran dari bantuan Negara ini, kami akan fokuskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Misalnya, pemulihan ekonomi di sektor UMKM, Perdagangan, Pariwisata, serta Sektor Kesehatan,” demikian Ambu Anne. (001)